Kamis, 07 Januari 2016

coretanku : RPP bahasa Indonesia Kelas Rendah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         : SDN I Sindang Anom
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : 3 / 1
Standar Kompetensi               : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Waktu                                      : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

  
MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar               : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon
  2. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas.
  3. Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon.
  4. Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
  5. Siswa dapat memperagakan teks percakapan

III. Materi Pokok  : Teks petunjuk melakukan sesuatu

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : * Tanya jawab materi yang akan diajarkan
* Mengajukan pertanyaan tentang alat komunikasi

B.  Kegiatan Inti              :
  • Mendengarkan petunjuk bertelepon
  • Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas
  • Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon
  • Menyusun percakapan melalui telepon
  • Memperagakan teks percakapan

C.  Kegiatan Akhir           : Menanggapi teks percakapan teman

V. Metode/Sumber Belajar :
A.  Metode                        : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Teks Petunjuk, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 2-3

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan/saran
Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )



BERBICARA

I. Kompensasi Dasar            : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

III. Materi Pokok  : Teks percakapan

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang bertelepon yang baik
B.  Kegiatan Inti              :
  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan didepan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

C.  Kegiatan Akhir           : Memperagakan percakapan melalui telepon yang sudah dilengkapi

V. Metode/Sumber Belajar :
A.  Metode                        : Demonstrasi, penugasan
B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, Telepon mainan

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan  membaca dongeng
Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )



MEMBACA

I. Kompensasi Dasar            : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan
  3. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  1. Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

III. Materi Pokok  : Teks bacaan

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang tempat umum
B.  Kegiatan Inti              :
  • Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan secara lisan
  • Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  • Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

C.  Kegiatan Akhir           : Menyimpulkan bacaan bersama – sama

V. Metode/Sumber Belajar :
A.  Metode                        :Tanya jawab, penugasan, ceramah
B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 5 – 8
VI. Penilaian                          :
  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf  dan puisi
Waktu                                     : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )



MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang  disusun
  3. Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya
  4. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar
  5. Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital

III. Materi Pokok                  : Teks paragraf

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang paragraf

B.  Kegiatan Inti                              :
  • Menyusun paragraf acak dengan benar
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun
  • Mencari kata sulit dan artinya
  • Menulis paragraf berdasarkan gambar
  • Memahami penggunaan huruf kapital

C.  Kegiatan Akhir                           : Membaca paragraf yang telah disusun dengan benar membaca kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        :
B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 – 12

VI. Penilaian                                          :
  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang  dilisankan
Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )



MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan carita yang dibacakan oleh guru
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  3. Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh
  4. Siswa dapat menentukan tokoh dan sifatnya

III. Materi Pokok                  : Teks cerita anak
IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang nama-nama binatang

B.  Kegiatan Inti                              :
  • Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  • Menyebutkan nama dan sifat tokoh
  • Menentukan tokoh dan sifatnya

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan kembali dongeng yang didengar dari guru dengan kata-kata sendiri

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab
B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006,kaset teks cerita, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 20 –  21

VI. Penilaian                                          :
  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )



BERBICARA

I. Kompensasi Dasar                            : 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                                           :
  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

III. Materi Pokok                  :

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang ciri – ciri rumah adat

B.  Kegiatan Inti                              :
  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan cara merawat lingkungan agar tetap sehat

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab
B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, telepon mainan

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SDN Pasir Munding
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                    : 3 / 1
Standar Kompetensi             : 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )



MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif

II. Indikator                           :
  1. Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang  dibaca
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  1. Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

III. Materi Pokok  : Teks cerita

IV. Pengalaman Belajar      :

A.  Kegiatan Awal           : Menyanyi ”Lihat Kebunku”

B.  Kegiatan Inti              :
  • Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang dibaca
  • Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  • Menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

C.  Kegiatan Akhir           : Tugas dirumah, anak membawa tanaman dalam pot buatan sendiri

V. Metode/Sumber Belajar :
A.  Metode        : Ceramah, penugasan
B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 23-25

VI. Penilaian          :
  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :






Mengetahui                                                                                             Sukabumi, 27 April 2013
Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Kelas


WATI, S.Pd.SD                                                                                                          VERA NURMALA 
NIP.                                                                                                                             NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar