RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SDN I Sindang Anom
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
3 / 1
Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Waktu :
1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi Dasar : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
II.
Indikator
:
- Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon
- Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon
dengan benar dan jelas.
- Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petunjuk
bertelepon.
- Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
- Siswa dapat memperagakan teks percakapan
III. Materi Pokok : Teks petunjuk melakukan
sesuatu
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal
: * Tanya jawab materi
yang akan diajarkan
* Mengajukan pertanyaan tentang alat komunikasi
B. Kegiatan
Inti
:
- Mendengarkan petunjuk bertelepon
- Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar
dan jelas
- Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon
- Menyusun percakapan melalui telepon
- Memperagakan teks percakapan
C. Kegiatan
Akhir : Menanggapi
teks percakapan teman
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
: Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas
B. Sumber Belajar
: Kurikulum
2006, Kaset, Teks Petunjuk, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 2-3
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan/saran
Waktu
: 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
BERBICARA
I. Kompensasi
Dasar : 2.1
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut
dan mudah dipahami
II.
Indikator
:
- Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon
di depan kelas
- Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di
depan kelas
- Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon
dengan runtut dan sesuai
III. Materi Pokok : Teks percakapan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal
: Tanya jawab tentang
bertelepon yang baik
B. Kegiatan
Inti
:
- Memperagakan percakapan melalui telepon di depan
kelas
- Menceritakan pengalaman secara lisan didepan kelas
- Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut
dan sesuai
C. Kegiatan
Akhir :
Memperagakan percakapan melalui telepon yang sudah dilengkapi
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
: Demonstrasi, penugasan
B. Sumber Belajar
: Kurikulum
2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, Telepon mainan
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif, dan membaca dongeng
Waktu
: 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MEMBACA
I. Kompensasi
Dasar : 3.1
Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
II.
Indikator
:
- Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan
intonasi yang tepat
- Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan
- Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks
bacaan
- Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat
yang tepat
III. Materi Pokok : Teks bacaan
IV. Pengalaman Belajar :
A. Kegiatan Awal
: Tanya jawab tentang
tempat umum
B. Kegiatan
Inti
:
- Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang
tepat
- Menjawab pertanyaan secara lisan
- Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
- Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat
C. Kegiatan
Akhir :
Menyimpulkan bacaan bersama – sama
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
:Tanya jawab, penugasan, ceramah
B. Sumber Belajar
: Kurikulum
2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 5 – 8
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam bentuk paragraf dan puisi
Waktu
: 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi
Dasar : 4.1
Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
II.
Indikator
:
- Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
- Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf
yang disusun
- Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya
- Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar
- Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital
III. Materi
Pokok
: Teks paragraf
IV. Pengalaman
Belajar
:
A. Kegiatan Awal
: Tanya jawab tentang paragraf
B. Kegiatan
Inti
:
- Menyusun paragraf acak dengan benar
- Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang
disusun
- Mencari kata sulit dan artinya
- Menulis paragraf berdasarkan gambar
- Memahami penggunaan huruf kapital
C. Kegiatan
Akhir
: Membaca paragraf yang telah disusun dengan benar membaca kata-kata yang
ditulis dengan huruf kapital
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
:
B. Sumber Belajar
: Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 – 12
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 1. Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita
anak yang dilisankan
Waktu
: 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi
Dasar : 1.1
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
II.
Indikator
:
- Siswa dapat mendengarkan pembacaan carita yang
dibacakan oleh guru
- Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita
yang didengarkan
- Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh
- Siswa dapat menentukan tokoh dan sifatnya
III. Materi
Pokok
: Teks cerita anak
IV. Pengalaman
Belajar
:
A. Kegiatan Awal
: Tanya jawab tentang nama-nama binatang
B. Kegiatan
Inti
:
- Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh
guru
- Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang
didengarkan
- Menyebutkan nama dan sifat tokoh
- Menentukan tokoh dan sifatnya
C. Kegiatan
Akhir
: Menceritakan kembali dongeng yang didengar dari guru dengan kata-kata sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
: Ceramah, penugasan, tanya jawab
B. Sumber Belajar
: Kurikulum 2006,kaset teks cerita, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 20 – 21
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan
petunjuk
dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran
Waktu
: 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
BERBICARA
I. Kompensasi
Dasar
: 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang
runtut dan mudah dipahami
II.
Indikator
:
- Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon
di depan kelas
- Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di
depan kelas
- Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon
dengan runtut dan sesuai
III. Materi
Pokok
:
IV. Pengalaman
Belajar
:
A. Kegiatan Awal
: Tanya jawab tentang ciri – ciri rumah adat
B. Kegiatan
Inti
:
- Memperagakan percakapan melalui telepon di depan
kelas
- Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
- Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut
dan sesuai
C. Kegiatan
Akhir
: Menceritakan cara merawat lingkungan agar tetap sehat
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode
: Ceramah, penugasan, tanya jawab
B. Sumber Belajar
: Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, telepon mainan
VI.
Penilaian
:
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
: SDN Pasir Munding
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester
: 3 / 1
Standar
Kompetensi
: 3. Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca
intensif,
dan membaca dongeng
Waktu
: 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )
MENDENGARKAN
I. Kompensasi
Dasar :
Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif
II.
Indikator
:
- Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan
intonasi yang tepat
- Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang dibaca
- Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi
pernyataan
- Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang
dibaca dengan runtut dan jelas
III. Materi Pokok : Teks cerita
IV. Pengalaman
Belajar :
A. Kegiatan Awal
: Menyanyi ”Lihat
Kebunku”
B. Kegiatan
Inti
:
- Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang
tepat
- Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang
dibaca
- Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
- Menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca
dengan runtut dan jelas
C. Kegiatan
Akhir : Tugas
dirumah, anak membawa tanaman dalam pot buatan sendiri
V. Metode/Sumber Belajar :
A.
Metode : Ceramah, penugasan
B. Sumber Belajar
: Kurikulum
2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 23-25
VI.
Penilaian :
- Lisan
:
- Perbuatan
:
- Proyek
:
- Produk
:
- Tertulis
:
VII. Skor
Penilaian
:
Mengetahui
Sukabumi, 27 April 2013
Kepala
Sekolah
Guru
Kelas
WATI, S.Pd.SD
VERA NURMALA
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar